5 Hewan Kecil Yang Berbahaya dan Bisa Membunuh Manusia

Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa hewan-hewan kecil tidak berbahaya dari memandang penampilannya, karena dari bentuk fisiknya tidak begitu mengancam keselamatan. Tetapi anda harus berfikir ulang lagi jika bertemu dengan hewan-hewan ini karena memiliki bisa dan racun yang terkenal bisa berakibat fatal apabila terkena gigitannya. Berikut adalah beberapa hewan kecil yang berbahaya dan mematikan.

1. Laba-Laba Black Widow
Laba-laba ini merupakan anggota dari Genus Latrodectus dan dinamakan sebagai janda hitam karena betinanya cenderung memagsa sang jantan sesaat setelah perkawinan. Racun dan bisanya berbahaya 10 kali lipat lebih kuat dari ular derik. Gigitan dari laba-laba ini bisa menyebabkan sakit otot, nausea dan ganguan pada diafragma pernafasan, Spesies ini berasal dari amerika utara.




2. TomCat's
Hewan kecil yang mirip semut merah tapi bersayap ini, cukup menghebohkan setelah ditemukan warga Jawa Timur dan sempat menjadi trending topic di indonesia karena serangan dari gigitannya bisa berakibat serius bagi manusia, kulit akan melepuh seperti terbakar dan membengkak di areal yang terkena gigitan dari hewan ini.




3. Anopheles (Nyamuk Malaria)
Merupakan salah satu genus nyamuk, terdapat 400 spesies nyamuk anopheles namun hanya 30-40 yang menyebarkan malaria. anopheles gambiae adalah yang paling terkenal akibat peranannya sebagai penyebab parasit malaria, 300 juta kasus malaria terjadi setiap tahunnya yang menyebabkan satu hingga dua juta manusia meninggal.





4. Lalat Tsetse
Lalat Tsetse adalah lalat berukuran besar yang dapat mengigit. lalat ini berasal dari afrika yang hidup dari darah vertebrata, tsetse mencakup semua spesies dalam genus glossina, yang biasanya di golongkan dalam famili tersendiri, glossinidae. Lalat ini menyebabkan penyakit tidur, penyakit ini populer di afrika karena setelah terkena gigitan dari lalat ini penderitanya akan menjadi lemas dan mudah teridur hingga akhirnya meninggal dunia. Setiap tahunnya, terdapat sekitar 300 ribu orang yang dilaporkan tewas akibat penyakit tidur ini.


5. katak Panah
Jenis racun katak ini dahulu sering digunakan untuk melapisi ujung panah ketika perang. Hampir 100 jenis katak ini memiliki variasi warna, ukuran, dan jenis racun. Warna yang beragam ini berguna untuk menakut-nakuti predator yang akan memangsanya, jenis katak panah yang mulai punah yaitu yang memiliki warna keemasan. Racun dari 1 ekor katak panah ini bisa menewaskan 10 manusia dewasa, katak ini biasanya hidup berkelompok yang terdiri dari 4 sampai 6 ekor katak. Racun katak panah terletak pada lapisan kulit terluarnya dan mengandung alkaloid yang mematikan. 

Itulah beberapa jenis hewan kecil yang berbahaya yang ada di dunia ini. Alangkah baiknya jika kita bertemu dengan hewan kecil ini kita tidak menganggunya karena bisa berakibat fatal apabila terkena racunnya, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda.

0 Response to "5 Hewan Kecil Yang Berbahaya dan Bisa Membunuh Manusia"

Post a Comment