Daftar Makanan Khas Indonesia Yang Populer

Membicarakan tentang indonesia memang tidak ada habisnya negara yang kaya akan hasil alam, budaya, dan masyarakatnya yang beraneka ragam. Indonesia terdiri dari banyaknya pulau, dari sabang sampai merauke. masyarakat indonesia dikenal akan keramah tamahannya tentunya merupakan hal yang menjadi daya tarik negara lain berkunjung ke indonesia. Indonesia juga memiliki bermacam-macam ciri khas kuliner yang terkenal dimasing masing daerah, berikut ini adalah beberapa kuliner yang cukup populer di Indonesia.

Nasi Goreng
Siapa yang tidak kenal kuliner satu ini
Jika tinggal di indonesia saya rasa cukup familiar mendengar makanan yang satu ini. cukup mudah ditemukan dan memiliki rasa yang enak untuk disantap, apalagi memakannya diwaktu malam hari dan baru dimasak. hmmm... pastinya sangat mengoda sekali. Nasi Goreng merupakan makanan khas indonesia yang berbahan dasar nasi putih kemudian dicampur dengan bumbu rempah-rempah yang mempunyai rasa khas indonesia, cita rasa dari masakan ini sangat membuat ketagihan.

Rendang
Makanan khas selanjutnya adalah rendang
makanan yang dibuat berbahan dasar daging dan beberapa bumbu rempah-rempah yang ada didalamnya seperti misanya kunyit, ketumbar dan beberapa bumbu lainnya. Membuat rendang menjadi makanan khas indonesia yang populer, rasa dari makanan ini membuat ketagihan untuk selalu mengulang untuk mencicipinya.

Bakso
Makanan yang satu ini sangat cocok di santap pada malam hari, disaat udara dingin kuah dari bakso dapat menghangatkan tubuh kita dari dinginnya udara malam.
Makanan ini cukup populer di indonesia dan memiliki banyak pengemarnya. Bakso adalah bola daging sapi yang dicampur dengan tepung tapioka, akan tetapi ada juga yang terbuat dari ayam, ikan atau udang. Dalam penyajiannya bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening dicampur dengan mie,taoge, tahu terkadang telur, ditaburi dengan bawang goreng dan seledri. 

Soto
Soto adalah makanan berkuah khas indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.
Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi, ayam dan kambing. berbagai daerah di indonesia memiliki soto khas daerah masing-masing dengan komposisi bumbu yang berbeda beda.

Nasi Kuning
Nasi kuning adalah beras yang dimasak bersama dengan kunyit, santan, dan rempah rempah.
Dengan ditambahkan santan membuat nasi kuning terasa gurih dari pada nasi putih. Nasi kuning merupakan variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Dalam tradisi indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran, serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan disaat acara syukuran. 

Sate
Merupakan makanan yang populer di indonesia, Sate terbuat dari potongan daging kecil berbentuk kotak dan ditusuk demikian rupa.
Dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian di panggang mengunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu tergantung variasi resep sate. daging yang digunakan ialah daging sapi, kambing, ayam, domba, kelinci, kuda dan lain lain.

Pempek
Pempek adalah makanan khas palembang yang terbuat dari ikan yang dihaluskan dan sagu, serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih halus, penyedap rasa, garam dan bumbu pelengkapnya.
Pempek disajikan dengan saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko. Cuko dibuat dari air yang dididihkan kemudian ditambah gula merah, udang ebi, cabe rawit yang ditumbuk, bawang putih dan garam. hmmm.... sungguh mengugah selera untuk menyantapnya.

Opor Ayam
Opor ayam Merupakan Masakan yang populer di Indonesia. Opor ayam ialah ayam yang direbus yang diberi bumbu kental dari santan yang di tambah berbagai bumbu seperti serai, kencur dan berbagai rempah-rempah.
Biasanya opor ayam dijadikan sebagai lauk nasi ketika sarapan,  makan siang ataupun makan malam. Kuah gurih dan hangat yang begitu nikmat tentu saja membuat hidangan ini selalu menggoda. 

Itulah beberapa kuliner yang cukup populer dan terkenal di indonesia, masih banyak kuliner lainnya dari masing masing daerah di indonesia yang begitu enak untuk dicicipi.

0 Response to "Daftar Makanan Khas Indonesia Yang Populer "

Post a Comment